SOLUSI UNTUK KOTA

FILM-FILM superhero sedang naik daun. Banyak orang penasaran ingin menontonnya. Diadaptasi dari komik seperti Marvel, karakter fiksi ini digambarkan sebagai pahlawan berkekuatan luar biasa.

Ia menjadi penolong masyarakat dalam membasmi kejahatan di suatu tempat. Sayang, kisah superhero hanya lah fiktif. Untuk mengamankan suatu tempat atau kota, jelas dibutuhkan sesuatu yang nyata.

Perangkat seperti kamera video atau CCTV, misalnya, terbukti benar-benar ada. CCTV dapat merekam kondisi suatu tempat secara ‘live’. Dengan begitu, setiap pergerakan dapat dipantau. Dengan kemampuannya itu, CCTV berguna sebagai perangkat pengawasan.

Telah banyak perusahaan berkecimpung di bisnis penyedia jasa solusi keamanan berbasis CCTV. Sebut saja HikVision. Mereka menawarkan konsep ‘Safe City’ sebagai solusi keamanan di perkotaan. Konsep ini mendorong terciptanya kondisi kota yang aman, sehat dan stabil. Serangkaian teknologi canggih pun diaplikasikan pada subsistem keamanan publik dan platform keamanan terintegrasi.

“Kami selalu mengutamakan teknologi dan inovasi,” papar Country Product Manager HikVision Indonesia, Michael Chan, baru-baru ini kepada Merahputih.com.

Platform keamanan terintegrasi ini mampu merespon segala hal terkait keamanan secara cepat dan efektif. Semua perangkat, fasilitas, software dan layanan dalam solusi ‘Safe City’ dapat memperkuat administrasi kota. Ujung-ujungnya, tentu saja berdampak positif pada kesejahteraan warga lantaran keamanan kota sudah tercipta.

Bisa begitu karena solusi ini melindungi warga dan properti berharga dari tindak kriminal. Bagi polisi, ‘Safe City’ juga membantu melacak dan merespon aksi kriminal dengan cepat. Selain itu, kemacetan juga dapat teratasi dengan sistem pelacakan kendaraan ala ‘Safe City’.

“Konsep ‘Safe City’ merupakan bentuk dukungan kami membantu pemerintah dan pihak swasta,” terang Michael.

Ada empat konsep yang ditawarkan HikVision. Yang pertama adalah Smart Traffic Safe Transit Intelligent Traffic Systems. Solusi ini mengintegrasikan Smart IP Solutions, Intelligent Traffic System, dan kamera khusus untuk merekam kondisi suatu tempat. Video analatis pada kamera bekerja merekam kejadian yang tengah berlangsung.

Selanjutnya, platform manajemen video yang terpusat dengan sempurna menyalurkan semua perangkat ITS. “Dari program itu kita bisa menangkap plat mobil dengan kecematan 100km/jam,” kata Desi Yanti Filly, Marketing Manager HikVision.

Konsep kedua, Smart Industrial Parks Solution. Di sini, sistem IP secara menyeluruh dipergunakan untuk produktivitas keamanan parkir. Solusinya dengan menyediakan perlindungan sepanjang waktu dengan teknologi Low Light. Serta tambahan kontrol akses kendaraan otomatis yang bermodul dan peringatan otomatis dengan teknologi smart detection.

Konsep kedua ini juga mencakup produk IP terintegrasi dari IPC, NVR, dan software manajemen Video. Dengan begitu platform video dapat terbangun dengan andal, kompatibel, dan sangat fleksibel untuk sektor industri.

Ada pula konsep untuk keamanan gedung alias Building Solution. Konsep ini memberi fasilitas keamanan gedung dengan kamera untuk memenuhi kebutuhan pengawasan. Terbuka juga untuk third-party system yang artinya setiap subsistem terintegrasi dengan mulus ke dalam platform manajemen smart video. Singkatnya strategi keamanan akan dioptimalkan dan menggunakan biaya yang lebih rendah.

Konsep terakhir adalah Face Recognition Technology. Sebuah teknologi pengenalan wajah meliputi analisis posisi wajah, ukuran, dan ekspresi. Dengan dibantu teknologi Deep Learning, konsep pengenalan wajah ini mampu mengakses ulang informasi orang terkait. Algoritma mutakhir dan GPU (Graphic Processing Unit) dalam konsep ini mengahasilkan analisis akurat dan komputasi lebih cepat dibandingkan sistem konvensional.

Teknologi pengenalan wajah dapat melindungi infrastruktur penting semisal lembaga keuangan, bandara, dan stadion. “Ada juga alat thermal untuk mendeteksi panas,” imbuh Desi.

Secara keseluruhan teknologi ini dapat membantu untuk meningkatkan keamanan di perkotaan. Adu jeli dengan teroris pun bisa dilakukan dengan konsep ‘Safe City’.